HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 SEMARANG

Authors

  • Puji Astuti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5484

Keywords:

Konsep Diri, Perilaku Menyontek

Abstract

Penelitian hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa terkait nilai dan rangking adalah suatu hal yang amat penting sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai dengan cara apapun. Individu yang memiliki konsep diri yang baik atau positif cenderung akan melakukan hal yang positif seperti rajin belajar, memanfaatkan waktu luang, belajar kelompok dan lain-lain. Akan tetapi, individu yang memiliki konsep diri yang kurang baik cenderung akan melakukan berbagai cara seperti menyontek saat ujian atau ulangan berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi data penelitian ini sejumlah 223 siswa, meliputi kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh populasi sejumlah 223 siswa dijadikan sampel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri dan skala perilaku menyontek. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyontek. Maka hal ini berarti semakin tinggi konsep diri maka akan semakin rendah perilaku menyontek

Kata kunci: Konsep Diri, Perilaku Menyontek

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Puji Astuti, Dini Rakhmawati, & Agus Setiawan. (2024). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 SEMARANG. Educational of Indonesian Journal , 1(01), 35–42. https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i01.5484

Citation Check