MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA TULANG NAPIER PADA SISWA KELAS III SD N SEMBUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran
Matematika dan khususnya dalam materi operasi hitung perkalian menggunakan media pembelajaran Tulang
Napier.
Penelitian dilakukan di SD N Sembungan semester I tahun 2017/2018 Bangunjiwo Kasihan Bantul
dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Prosedur dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi
(4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi catatan lapangan,
wawancara, dan tes prestasi. Analisis menggunakan nilai rata rata dan persentase ketuntasan hasil setiap
siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunakan media tulang napier dapat meningkatkan
proses keterlaksanaan pembelajaran, dapat dilihat dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran
pada siklus I 71,88% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,28%. (2) Penggunaan Tulang Napier dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan
tindakan adalah 68,59 dengan persentse ketuntasan 62,5% setelah dilaksanakan tindakan siklus I rata-rata
nilai meningkat menjadi 76,67 dengan ketuntasan mencapai 71,88%. dan pada siklus II nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 84,48 dengan ketuntasan mencapai 90,63 %.
References
Abbdurahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka
Cipta.
Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 30
Ameliasari T. Kesuma (2013). Menyusun PTK Itu
Gampang. Erlangga Group.
Amin Suyitno. 2004. Dasar-dasar dan Proses
Pembelajaran Matematika I. Semarang :
UNNES
Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung :
CV Pustaka Setia
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT RAJAGRAFINDO
PERSADA
Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan
Kurikulum. Jakarta: Rineka Citra.
Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi
Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Eva Nauli. T. 2013, “Hubungan antara Prestasi
Belajar dengan Kecerdasan Emosialâ€,
Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(2): 384-
Hamzah B Uno, dkk. 2001. Pengembangan
Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta :
Delima Press.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran
Matematika. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian
Tindakan Kelas sebagai Pengembangan
Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers
M. Fathurohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar
dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta:
PT. Raja Garfindo Persada.
Novi Aristiani. (2013). Penggunaan Media Batang
Napier Dalam Meningkatkan Kemampuan
Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan
Balajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi
Padang. (UNP) Jurnal Ilmiah Pendidikan
Khusus , Volume 1 Nomor 1.
Oemar Hamalik. 2010. Psikologi Belajar &
Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
_______________.2011. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian
Kuantitatif untuk Psikologi dan
Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rostina Sundayana. 2013. Media Pembelajaran
Matematika. Bandung : Alfabeta
Sang Nyoman Putra. (2010). Pemanfaatan Alat
Peraga Batang Napier dalam
Pembelajaran Operasi Perkalian
Bilangan Cacah Sebagai Upaya
Peningkatan Aktivitas dan Prestasi
Belajar Siswa. Bali: Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Maha
Saraswati Denpasar.
Sardiman. A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
___________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di
Indonesia. Jakarta : Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional
Suharsimi Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Yogyakarta (Edisi Revisi).
________________. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2012. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung:
Trasito.
Sudjana, N. dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan
Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 31
Sukiman. 2012. Pengembangan Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan
Pembelajaran. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Wina Sanjaya. 2011. Pembelajaran Dalam
Implementasi. Jakarta : Kencana
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran(
Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta :
Referensi (GP Pres Group)
Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.