MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA TULANG NAPIER PADA SISWA KELAS III SD N SEMBUNGAN

Penulis

  • Bayu Kesuma Universitas PGRI Yogyakarta
  • Niken Wahyu Utami Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaran
Matematika dan khususnya dalam materi operasi hitung perkalian menggunakan media pembelajaran Tulang
Napier.
Penelitian dilakukan di SD N Sembungan semester I tahun 2017/2018 Bangunjiwo Kasihan Bantul
dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Prosedur dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi
(4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi catatan lapangan,
wawancara, dan tes prestasi. Analisis menggunakan nilai rata rata dan persentase ketuntasan hasil setiap
siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunakan media tulang napier dapat meningkatkan
proses keterlaksanaan pembelajaran, dapat dilihat dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran
pada siklus I 71,88% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,28%. (2) Penggunaan Tulang Napier dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan
tindakan adalah 68,59 dengan persentse ketuntasan 62,5% setelah dilaksanakan tindakan siklus I rata-rata
nilai meningkat menjadi 76,67 dengan ketuntasan mencapai 71,88%. dan pada siklus II nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 84,48 dengan ketuntasan mencapai 90,63 %.

Referensi

Abbdurahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka

Cipta.

Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 30

Ameliasari T. Kesuma (2013). Menyusun PTK Itu

Gampang. Erlangga Group.

Amin Suyitno. 2004. Dasar-dasar dan Proses

Pembelajaran Matematika I. Semarang :

UNNES

Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung :

CV Pustaka Setia

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT RAJAGRAFINDO

PERSADA

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan

Kurikulum. Jakarta: Rineka Citra.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi

Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Eva Nauli. T. 2013, “Hubungan antara Prestasi

Belajar dengan Kecerdasan Emosialâ€,

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(2): 384-

Hamzah B Uno, dkk. 2001. Pengembangan

Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta :

Delima Press.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran

Matematika. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian

Tindakan Kelas sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

M. Fathurohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar

dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta:

PT. Raja Garfindo Persada.

Novi Aristiani. (2013). Penggunaan Media Batang

Napier Dalam Meningkatkan Kemampuan

Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan

Balajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi

Padang. (UNP) Jurnal Ilmiah Pendidikan

Khusus , Volume 1 Nomor 1.

Oemar Hamalik. 2010. Psikologi Belajar &

Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

_______________.2011. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian

Kuantitatif untuk Psikologi dan

Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rostina Sundayana. 2013. Media Pembelajaran

Matematika. Bandung : Alfabeta

Sang Nyoman Putra. (2010). Pemanfaatan Alat

Peraga Batang Napier dalam

Pembelajaran Operasi Perkalian

Bilangan Cacah Sebagai Upaya

Peningkatan Aktivitas dan Prestasi

Belajar Siswa. Bali: Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Universitas Maha

Saraswati Denpasar.

Sardiman. A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

___________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di

Indonesia. Jakarta : Direktorat Jendral

Pendidikan Tinggi Departemen

Pendidikan Nasional

Suharsimi Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Yogyakarta (Edisi Revisi).

________________. 2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2012. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung:

Trasito.

Sudjana, N. dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan

Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 31

Sukiman. 2012. Pengembangan Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan

Pembelajaran. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Wina Sanjaya. 2011. Pembelajaran Dalam

Implementasi. Jakarta : Kencana

Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran(

Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta :

Referensi (GP Pres Group)

Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2018-04-01