A Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada siswa kelas VI SD dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SD N 1 Kadipiro dengan subjek 29 siswa dan menggunakan instrumen seperti observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan valid dengan skor 4,3 dari ahli materi (sangat baik) dan 3,75 dari ahli media (baik). Dari segi kepraktisan, media mendapatkan skor 3,91 dari siswa (baik) dan 4,33 dari guru (sangat baik). Dari segi keefektifan, media terbukti efektif dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 86,2% (sangat baik). Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Adobe Flash ini dinilai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Azizah Nur Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.