A ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III DI SDN 3 SUKAMAJU
Keywords:
Kesulitan membaca, membaca permulaan, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas III di SDN 3 Sukamaju. Dari 25 peserta didik yang diamati, 3 diantaranya dipilih untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan metode analisis deskriptif sedangkan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas III sdn 3 Sukamaju diantaranya yaitu: faktor fisiologis, faktor intektual, dan faktor psikologis. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan kemampuan siswa kelas rendah dalam keterampilan membaca. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran guna kemajuan kemampuan dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa kelas III.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto.S 2013.Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Harianto, Erwin (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 9 (1).
Mardhatillah, & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 91–102.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mursalin, M. (2021). Permasalahan Siswa dalam Kesulitan Belajar (Studi Kasus Terhadap JM Siswi Kelas IV SD Negeri Cot Jaja). Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 308– 314.
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1.
Sujana, Wayan, C. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Journal Adi Widya, ISSN 25275445. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Diakses 17 Maret 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dea Dea Nur Andreani, Fajar Nugraha, M. Pd, Riga Zahara Nurani, M. Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.