Pengembangan Video Pembelajaran Gilter (Energi Alternatif) Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
Media Pembelajaran
Keywords:
Gilter Learning Video Development, KinemasterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media Video Gilter pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Krapyak Sidoarum Godean dan menguji keefektifan sarana belajar Video Gilter dalam menaikan prestasi meta pelajaran IPA murid kelas IV SDN Krapyak Sidoarum Godean. Sampel yang dipakai untuk riset ini adalah kelas IV SDN Krapyak Sidoarum Godean sejumlah 21 siswa. Pola yang digunakan guna mengambangkan riset ini merupakan ADDIE. ADDIE yaitu pendekatan sistem dalam merancang pembelajaran, yang mempunyai lima tahapan: Analisa, rancangan, ekspansi, implementasi, dan Evaluasi. Analisa evidensi pada eksperimen adapun kualitatif yaitu berupa data yang validi, komentar, saran serta pendapat validator dan pendekatan kuantitatif didapat lewat survei reaksi guru dan survei reaksi siswa ketika mengkalkulasi produk wahana diorama periodik hujan. Efek dari riset ini yaitu 1) Perolehan justifikasi dari delegasi validator memperlihatkan rerata keseluruhan senilai 86,3% dengan kompetensi “sangat baik” dalam mengembangkan sarana edukasi video pembelajaran gilter terkait materi energi alternatif pada SD Krapyak Gamping, 2) Berlandaskan perolehan evidensi reaksi pelajar pada kelas IV di SD Krapyak Gamping akan pengembangan sarana pembelajaran memperlihatkan nilai sejumlah 88,2% yang kemudian berkompetensi “sangat baik”.
References
Adi, A. P. (2017). Bikin Video Apapun Tanpa Ribet. Elex Media Komputindo.
Efendi, Yudha Aldila ,dkk (2020) yang berjudul “Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang”. Jinotep Vol 6 (2) Hal: 97-102
Haryati, Sri. 2012. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Vol. 37 (1) Hal: 11-26
Izomi Awalia.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD . Kreano 10 (1) Hal: 49-56
Jennah, Rodhatul.2009.Media Pembelajaran.Yogyakarta.Antasari Press.
Laili Arfani .2016mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran. Vol. 11 (2)
Lailia Arditya Isti,dkk .2020.Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat- Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Edustream. Volume IV (1)
Muhammad Darwis Dasopang, Aprida Pane .2017.Belajar Dan Pembelajaran . Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03( 2)
Novita, Lina.2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Jtiee, Vol 3 (1)
Nurlina, L., & Fauzan, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Ajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 32-41.
Nurrita, Teni .2018.Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Misykat.Volume 03 (01)
Sa'diah, Halimatus. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Animasi Stop Motion Berbasis Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD IT Darul Azzam Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman.
Sofyan Hadi .2017.Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Hal: 96 – 102
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher).
Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta.Kencana
Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.
Wulandari, Yani.2020.Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education) Vol. 8, No. 2, Hlm. 269-279.
Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ari Titis Dwiantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.