PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 2 BUKIT INDAH

Authors

  • miaalpiana24 Paino Mahasiswa
  • Taufik Muhtarom

Keywords:

media pembelajaran, papan hitung, prestasi belajar, materi pecahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan hitung terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran pecahan kelas V SD Negeri 2 Bukit Indah, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin.

Metode penelitian menggunakan pretest-posttest one group design dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi meliputi seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Bukit Indah yang berjumlah 36 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi siswa kelas V SD Negeri 2 Bukit Indah Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa yaitu 13 siswa jenis kelamain Laki-laki dan 23 siswa jenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Tes, dan Dokumentasi.

Hasil penelitian yaitu adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Bukit Indah. Terlihat dari hasil tes yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dimana nilai rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan adalah 41,40 sedangkan setelah mendapatkan perlakukan nilai posttest meningkat yaitu 70,30. Hal ini ditunjukkan dengan analisis uji koefisien determinasi yang menghasilkan nilai R Square sebesar 0,31 kali 100 karena Sig2. tailed 0,032 < 0,05 maka penggunaan media pembelajaran papan hitung memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD Negeri 2 Bukit Indah, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin sebesar 31% diakui.

References

Desrina, Ike. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Papan Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Materi Pecahan Sederhana Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 46 Seluma: UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu 2022

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuzilatus, Retno. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pemahaman Konsep Pecahan Matapelajaran Matematika Siswa Kelas III NU MI Ma’arif Sukodadi-Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3 (1), 1-18, 2020.

Rahayu, Y. 2018.Pengembangan Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(2), 299-318.

Ramayulis. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rosyid, Moh. Zaiful, Dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara.

Salsabila, Azza. dan Puspitasari. 2020.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 2 (2), Mei 2020; 278-288.

Slameto. 2013. Faktor-Faktor yang Prestasi Slavin, Robert.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi 9 jilid1. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Lidia.2019.Prestasi belajar akademik dan non akademik teori dan implementasinya. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Taufikkurahman. dan Nurhaswinda. 2021.Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Vol. 3 No. 1 (2021): JPDK.

Downloads

Published

2023-06-30