An ANALISIS PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA SISWA
Keywords:
Pendidikan Karakter, Siswa, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) bagaimana peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa, b) apa faktor pendorong guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa, dan c) apa faktor penghambat guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Literatur dengan pendekatan dekriptif dengan subjek penelitian menggunakan 25 jurnal pendidikan tentang peran guru dalam pendidikan karakter siswa. Jurnal yang diperoleh kemudian di analisis dengan mengklasifikasikan peran, faktor pendorong, dan faktor penghambat.
Hasil peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa adalah 1) guru sebagai teladan, 2) guru sebagai pembimbing, 3) guru sebagai pengarah, 4) guru sebagai evaluator, 5) guru sebagai dinamisator. sedangkan faktor pendorong guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa adalah 1) perkembangan zaman dan teknologi yang mengharuskan guru mengimplementasikan kedalam pembelajaran khususnya pendidikan karakter, 2) pendidikan karakter memiliki peran penting sebagai pondasi dan modal utama untuk membentuk sumber daya manusia untuk mengkokohkan jatidiri bangsa, 3) tanggung jawab guru sebagai tenaga pendidik yang profesional. Kemudian faktor penghambat guru dalam menerapkan pendidikan karakter kepada siswa adalah 1) kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga siswa, 2) perkembangan teknologi membuat siswa terlalu kecanduan perangkat digital, 3) pengaruh lingkungan siswa yang kurang baik diluar sekolah.
References
AL INU, An Nisaa’an Najm, et al. Peran Guru sebagai Agen Pembaharu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2022, 6.2: 9802-9808.
Albertus, Doni Koesoema. (2010) Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo.
Alkhasanah, N. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355-365.
Arifudin, I. S. (2015). Peranan guru terhadap pendidikan karakter siswa di kelas V SDN 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175-186.
Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education and development, 10(2), 315-318.
Filiansi, M., Lapasere, S., Rizal, R., Wahyuni, S., & Pahriadi, P. (2024). Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1781-1792.
Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran guru dalam penanaman nilai karakter religius di lingkungan sekolah pada siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176-189.
Hulu, Y. (2021). Peran guru dalam pengembangan karakter pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18-23.
IBRAHIM, Doni Septu Marsa, et al. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 2022, 8.1: 102-113.
Jannah, M., & Mauizdati, N. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar setelah masa pandemi covid-19. IBTIDA', 3(1), 87-97.
Junindra, A., Fitri, H., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133-11138.
Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115-120.
Maelani, R., Purwanty, R., & Rahayu, D. P. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Fairness Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 207-215.
Mamkua, M., & Sutrisno, S. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Studi Islam: Peran Guru Membentuk Karakkter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SD IT. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nazulfah, Z. D., Rahayu, E. B., & Alviyanti, A. (2023). Analisis peran guru dalam pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar menuju Society 5.0. SNHRP, 5, 837-866.
Nisa, A. K. (2019). Peran guru dalam pendidikan karakter peserta didik di sdit ulul albab 01 purworejo. Hanata Widya, 8(2), 13-19.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Permana, B. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8651-8659.
Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24-28.
Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24-28.
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran guru dalam pelaksanaan hidden curriculum untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan global siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567-6579.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.
Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952-957.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993-1001.
Wulandhari, C. A., Zulfiati, H. M., & Rahayu, A. (2019, April). Peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik di kelas IV SD 1 Sewon. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dherma Kesumayodya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.