PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN SENDANGSARI

Penulis

  • Andriyanto Andriyanto Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media gambar seri, mengetahui kualitas produk pengembangan media gambar seri, mengetahui daya tarik media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dan efektifitas dari produk pengembangan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini dilaksankan di SD Sendangsari pada semester II pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III A dan kelas III B jumlah siswa keseluruhan berjumlah 56. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Teknik dan pengumpulan data berupa : tes, angket, pedoman wawancara, lembar validasi. Prosedur penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji pemakaian produk, (9) revisi produk (10) produksi masal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif ststistik yang meliputi: nilai kualitas produk, daya tarik produk dan efektifitas penggunaan produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Sendangsari menunjukan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa terlihat dari aspek lembar validasi ahli materi 43 dan validasi ahli media 42, dari perolehan tersebut mendapat kriteria A yaitu baik sekali. Daya tarik media gambar seri diambil dari respons siswa mendapat 82,23% dan respon guru 100% mendapat presentase nilai A. Efektifitas produk diperoleh dari peningkatan skor postest kelas kontrol 69,49 dan postest kelas ekperimen 78,71. Hasil peningkatan nilai pretest dan postest menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca.

Referensi

Abdul Chaer. 2011 . Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi Salma Prawiladilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Donni Juni Priansa. 2017 . Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Ega Rima Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kota Pena

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2009 . Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jamra. 2013. Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis cerita siswa Kelas IIII SDN Inpres aKecamatan Peling Tengah. Online . (https://media.neliti.com/media/publicatio ns/121866-ID-penggunaan -media-gambar-

seri-dalam-menin. Diakses pada 16 Maret 2018 pukul 10.30 WIB): ISSN 2354-614X

Marno dan M. Idris. 2014 . Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruze media Moh.Soleh Hamid. 2011 . Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Pres

Muhammad Rohmadi dan Aninditya Sri Nugraheni. 2011. Belajar Bahasa Indonesia Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawa Media

Nana Sujana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ngurah Adi Putra. 2014. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN

Moahino Kabupaten Morowali. Online (https://media.neliti.com/media/publicatio ns/122381-ID-penggunaan-media-gambar-seri-untik -Meningkatkan-Keterampilan-Menulis- Narasi-pada-Mata-Pelajaran-Bahasa Indonesia. Diakses pada 16 Maret 2018 pukul 10.33 WIB): ISSN 2354-612X

Nusa Putra. 2015. Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Rayandra Asyhar. 2012 . Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Sadiman, A.S. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Santoso Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sunarti dan Rahmawati, S. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Andi Sugiyono. 2015 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv

Sholomo Sharan. 2009. Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Memacu Kebrhasilan Siswa di Kelas. Yogyakarta: Imperium

Nomor. 32 tahun 2013 Pasal 19 ayat 1 Tentang Pendidikan Nasional

Yakub Nasucha, Muhammad Rohmadi dan Agus Budi Wahyudi. 2009 . Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa

Diterbitkan

2018-12-01