PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AUDIOLINGUAL PADA SISWA KELAS III SDN KALIPUCANG BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Penulis

  • Ratnani Kaltim Murti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan menggunakan metode audiolingual pada siswa kelas III SDN Kalipucang Kasihan Bantul pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalipucang Kasihan Bantul pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 19 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan presentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode audiolingual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Kalipucang dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, dari data nilai pada pra siklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 10 siswa atau 65,36%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal sebanyak 9 siswa atau 47,36%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 14 siswa atau 73,68%, Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak 19 siswa dengan nilai rata-rata 97,63.

Referensi

Abidin Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Asori. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tanggerang: PT Pustaka Mandiri

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Badadu.1996. Pintar Berbahasa Indonesia 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Boeree George. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media Group

Chaer Abdul. 2011. Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Desminta. 2014.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Endang Mulyatiningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan. Bandung: Alfabeta.

Ghazali. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasbulah. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandarwassid. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khuluqo. Ihsana. 2017. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Madya Suwarsih. 2013. Metodologi Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Pres.

Majid Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mashun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Nasucha Yacub.2009. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa

Nurgiyantoro Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta.

Rohmadi. 2011. Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Presindo.

Wijaya, Dwitagama & Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Sufandi Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Presindo

Suharsimi Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sunarti & Selly Rahmawati. 2014. Penelitian Dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilian. Yogyakarta: Andi Offset.

Soemantri. Syarif. Mohammad. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sunarti, dkk. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta.

Suryaman, Maman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Sutari Ice, dkk. 1998. Menyimak. Dapertemen Pendididkan dan Kebudayaan.

Sutima. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Grup.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa Grup.

Tarigan, Henry Guntur 2015. Menyimak sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Diterbitkan

2018-08-01