ANALISIS PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN PROSA DENGAN METODE CIRC DAN JIGSAW DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Prosa merupakan salah satu materi ajar dalam pembelajaran di SD yang memiliki beberapa fokus keterampilan, prosa sendiri terdiri dari prosa lama yaitu dongeng, Fabel, Hikayat dan prosa modern yang terdiri dari cerpen, novelet, novel dan lainnya, pembelajaran prosa di SD masih memiliki beberapa permasalahan yang berakibat pada ketidak tercapaiannya kriteria ketuntasan minimal pada siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang hanya satu arah, guru yang mendominasi, dan siswa yang pasif, oleh karena itu dibutuhkan lah pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi aktif dan pembelajaran menjadi terfokus pada student center, oleh karena itu diusulkan lah metode CIRC dan JIGSAW untuk pemblakaran prosa di SD, karena metode ini dianggap dapat membuat siswa lebih interaktif lagi, berdasarkan hasil penelitian, penelitian terbanyak mengenai metode pada pembelajaran prosa yang sudah dilakukan oleh peneliti terdahulu ialah menggunakan metode CIRC dan JIGSAW yang dinilai lebih efektif dalam pembelajaran prosa di SD.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aji, W. P. (2017). Hubungan Penggunaan Metode Jigsaw dengan Prestasi Belajar Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 1–77.
Ambarwanto, Y. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (Penelitian Tindakan di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri II Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014).
Bungatang. (2022). mplementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Mengapresiasi Cerita Fiksi Bagi Siswa Kelas V SD. 84–91.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra Di Sd Dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191–200.
Hairuddin, D., & Radmila, K. D. (2018). Hakikat Prosa dan Unsur-unsur Cerita Fiksi. Jurnal Bahasa, 1(1), 1–6.
Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539
handayani, dwi. (2018). PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK DENGAN METODE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR Dwi. 4(1), 23–30.
Hasbulloh, A. H. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG KELAS III DI MI MIFTAHUL MUBTADI’IN KALIWINASUH PURWOREJO KLAMPOK BANJARNEGARA. 12.
Ibnu Rawandhy Hula. (2016). Kaidah Intrinsik Prosa Imajinatif Arab Dalam Ranah Kritik Sastra. AJamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 05(1), 117–130.
JAYADI, U. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA SISWA KELAS IV SDN 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. 6.
Lubis, N. A. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW | 67. 1(1), 67–84.
MIFTAHULJANNAH, T. (2013). PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA FIKSI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC PADA KELAS V SD. 1–10.
mulyadi. (2020). Buku Ajar Telaah Prosa (Mulyadi).pdf.
Sari, & Puspita, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC )UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INSTRINSIK CERITA LEGENDA SISWA KELAS V SD NEGERI 102 PEKANBARU Oleh. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 07(1), 53–60.
Sudarmaji, M. (2010). Upaya meningkatkan kemampuan apresiasi cerita pendek melalui penerapan metode pembelajaran COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (circ) pada siswa kelas V SD Negeri Iv Pulutan Wetan Wuryantoro Wonogiri tahun ajaran 2009/2010. Theoretical and Applied Genetics, 7(2), 1–7.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal PGSD Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.