IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA KELAS IV DI SD N SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA

Penulis

  • Dwi Lestariningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ari Wibowo Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilai
disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran Penjasorkes, peran guru penjasorkes dalam
pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab, dan mengetahui faktor
penghambat pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran
Penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SD N Suryodiningratan I
Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis naturalistik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan
catatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan
triangulasi sumber. Wawancara dilakukan pada guru penjasorkes, kepala sekolah, dan siswa kelas
IVdengan tujuan untuk mendapat data berupa implementasi pendidikan karakter nilai disiplin dan
tanggung jawab dalam mata pelajaran penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I
Yogyakarta.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai disiplin pada perencanaan berupa
RPP berkarakter dan adanya format observasi afektif. Pada pelaksanaan pembelajaran nilai disiplin
berupa disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin menjalankan ibadah, dan disiplin
mengontrol perilaku. Nilai tanggung jawab berupa berani menanggung risiko atas tindakan dan
ucapan, memenuhi kewajiban diri, dan mengemban kepercayaan orang lain atau dapat dipercaya.
Pada evaluasi berupa nilai sikap, psikomotor, kognitif, dan “flash backâ€.Peran guru yaitu
menggunakan berbagai strategi penanaman, memenuhi tanggung jawab sebagai guru, guru sebagai
teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator. Faktor
penghambat pelaksanaan nilai disiplin dan tanggung jawab, yaitu dari diri siswa dan keluarga atau
orang tua dengan upaya mengatasi melalui pendekatan guru dengan siswa, kerjasama guru dengan
wali kelas, dukungan kepala sekolah, serta kejasama dan komunikasi sekolah dan orangtua.

Referensi

Bagus Mustakim. 2011. Pendidikan Karakter;

Membangun Delapan Karakter Emas

Menuju Indonesia Bermartabat.

Yogyakarta: Samudra Biru.

Barnawi dan M. Arifin. 2014. Strategi dan

Kebijakan Pendidikan Karakter.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Darmiyati

Zuchdi. 2011. Pendidikan Karakter

dalam Perspektif Teori dan Praktik .

Yogyakarta: UNY Press.

Daryanto dan Suryatri Darmiyatun. 2013.

Implementasi Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Deni Damayanti. 2014. Panduan Implementasi

Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta: Araska.

E. Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan

Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Husdarta, H. J. S. 2010. Sejarah dan

Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Imran Akhmad. 2011. “Strategi Penerapan

Pendidikan Karakter melalui

Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan

Olahragaâ€. Jurnal Keolahragaan

Sportif., (Online), Jilid 5, No 5, ISSN:

–4449

(http://digilib.unimed.ac.id. diunduh

April 2017).

Jamal Ma‟mur Asmani. 2013. Tips menjadi

Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Salinan Lampiran Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 66 Tahun 2013

Tentang Standar Penilaian

Pendidikan. Jakarta: Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.

Pengembangan Pendidikan Budaya

dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Nasional.

Mohamad Mustari. 2014. Nilai Karakter;

Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta:

Grafindo Persada.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Olahraga dan Kesehatan

SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.

Sofan Amri, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah.

Implementasi Pendidikan

Karakter dalam Pembelajaran.

Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran

Pendidikan Karakter. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Kencana Jaya

Diterbitkan

2018-04-01