IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA KELAS IV DI SD N SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilai
disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran Penjasorkes, peran guru penjasorkes dalam
pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab, dan mengetahui faktor
penghambat pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran
Penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SD N Suryodiningratan I
Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis naturalistik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan
catatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan
triangulasi sumber. Wawancara dilakukan pada guru penjasorkes, kepala sekolah, dan siswa kelas
IVdengan tujuan untuk mendapat data berupa implementasi pendidikan karakter nilai disiplin dan
tanggung jawab dalam mata pelajaran penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I
Yogyakarta.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai disiplin pada perencanaan berupa
RPP berkarakter dan adanya format observasi afektif. Pada pelaksanaan pembelajaran nilai disiplin
berupa disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin menjalankan ibadah, dan disiplin
mengontrol perilaku. Nilai tanggung jawab berupa berani menanggung risiko atas tindakan dan
ucapan, memenuhi kewajiban diri, dan mengemban kepercayaan orang lain atau dapat dipercaya.
Pada evaluasi berupa nilai sikap, psikomotor, kognitif, dan “flash backâ€.Peran guru yaitu
menggunakan berbagai strategi penanaman, memenuhi tanggung jawab sebagai guru, guru sebagai
teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator. Faktor
penghambat pelaksanaan nilai disiplin dan tanggung jawab, yaitu dari diri siswa dan keluarga atau
orang tua dengan upaya mengatasi melalui pendekatan guru dengan siswa, kerjasama guru dengan
wali kelas, dukungan kepala sekolah, serta kejasama dan komunikasi sekolah dan orangtua.
Referensi
Bagus Mustakim. 2011. Pendidikan Karakter;
Membangun Delapan Karakter Emas
Menuju Indonesia Bermartabat.
Yogyakarta: Samudra Biru.
Barnawi dan M. Arifin. 2014. Strategi dan
Kebijakan Pendidikan Karakter.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Darmiyati
Zuchdi. 2011. Pendidikan Karakter
dalam Perspektif Teori dan Praktik .
Yogyakarta: UNY Press.
Daryanto dan Suryatri Darmiyatun. 2013.
Implementasi Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Deni Damayanti. 2014. Panduan Implementasi
Pendidikan Karakter di Sekolah.
Yogyakarta: Araska.
E. Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Husdarta, H. J. S. 2010. Sejarah dan
Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.
Imran Akhmad. 2011. “Strategi Penerapan
Pendidikan Karakter melalui
Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan
Olahragaâ€. Jurnal Keolahragaan
Sportif., (Online), Jilid 5, No 5, ISSN:
–4449
(http://digilib.unimed.ac.id. diunduh
April 2017).
Jamal Ma‟mur Asmani. 2013. Tips menjadi
Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Salinan Lampiran Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 66 Tahun 2013
Tentang Standar Penilaian
Pendidikan. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.
Pengembangan Pendidikan Budaya
dan Karakter Bangsa. Jakarta:
Kementrian Pendidikan Nasional.
Mohamad Mustari. 2014. Nilai Karakter;
Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta:
Grafindo Persada.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.
Sofan Amri, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah.
Implementasi Pendidikan
Karakter dalam Pembelajaran.
Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran
Pendidikan Karakter. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan.
Jakarta: Kencana Jaya