IDENTIFIKASI KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N SINDUADI TIMUR MLATI SLEMAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pada mata pelajaran matematika kelas V di SD N Sinduadi Timur Mlati Sleman. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V SD N Sinduadi Timur. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi
sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa
identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V yaitu (1) siswa
kesulitan dalam membuat strategi atau menentukan rencana, yaitu siswa masih mengalami kesalahan
dalam menuliskan rumus dan siswa tidak mengubah kalimat matematika; (2) siswa kesulitan dalam
menghitung yaitu siswa masih kesulitan pada operasi hitung pembagian; (3) siswa kesulitan dalam
menentukan jawaban akhir atau membuat kesimpulan.
Referensi
Bandi Delphine. 2009. Matematika untuk Anak
Berkebutuhan Khusus. Sleman: PT
Intan Sejati Klaten.
Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis
kesulitan siswa berdasarkan
kemampuan pemahaman dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi
kubus dan balok di kelas VIII SMP
Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding
SEMIRATA 2013, (Online), vol. 1, No.
, (https://jurnal.fmipa.unila.ac.id,
diunduh 5 Januari 2018).
Idah Faridah Laily. (2014). Hubungan
Kemampuan Membaca Pemahaman
dengan Kemampuan Memahami Soal
Cerita Matematika Sekolah Dasar.
Eduma: Mathematics Education
Learning and Teaching, (Online), vol. 3,
No. 1, (https://syekhnurjati.ac.id
diunduh 14 januari 2018).
Kurnia Pradika. (2014). Analisis Faktor
Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar
Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas
VIII MTS Amal Sholeh Kecamatan
Getasan (Doctoral dissertation, Program
Studi Pendidikan Matematika FKIPUKSW).
(Online),
(http://repository.uksw.edu diunduh 14
januari 2018).
Rostina Sundayana. 2013. Media
Pembelajaran Matematika. Bandung:
Alfabeta.
Sofia Hidayah. (2016). Analisis Kesalahan
Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
SPLDV Berdasarkan Langkah
Penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan,
(Online),
vo1,(https://repository.unikama. ac.id
diunduh 13 januari 2018).
Tombokan Runtukahu & Selpius Kandou.
Pembelajaran Matematika Dasar
Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ummi Khasanah. (2015). Kesulitan
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu
Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral
dissertation, Universitas
Muhammadiyah Surakarta). (Online)
(https://eprints.ums.ac.id diunduh 13
januari 2018).