IDENTIFIKASI KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N SINDUADI TIMUR MLATI SLEMAN

Penulis

  • Lucia Hastiwi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Budiharti Budiharti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pada mata pelajaran matematika kelas V di SD N Sinduadi Timur Mlati Sleman. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V SD N Sinduadi Timur. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi
sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa
identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V yaitu (1) siswa
kesulitan dalam membuat strategi atau menentukan rencana, yaitu siswa masih mengalami kesalahan
dalam menuliskan rumus dan siswa tidak mengubah kalimat matematika; (2) siswa kesulitan dalam
menghitung yaitu siswa masih kesulitan pada operasi hitung pembagian; (3) siswa kesulitan dalam
menentukan jawaban akhir atau membuat kesimpulan.

Referensi

Bandi Delphine. 2009. Matematika untuk Anak

Berkebutuhan Khusus. Sleman: PT

Intan Sejati Klaten.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis

kesulitan siswa berdasarkan

kemampuan pemahaman dalam

menyelesaikan soal cerita pada materi

kubus dan balok di kelas VIII SMP

Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding

SEMIRATA 2013, (Online), vol. 1, No.

, (https://jurnal.fmipa.unila.ac.id,

diunduh 5 Januari 2018).

Idah Faridah Laily. (2014). Hubungan

Kemampuan Membaca Pemahaman

dengan Kemampuan Memahami Soal

Cerita Matematika Sekolah Dasar.

Eduma: Mathematics Education

Learning and Teaching, (Online), vol. 3,

No. 1, (https://syekhnurjati.ac.id

diunduh 14 januari 2018).

Kurnia Pradika. (2014). Analisis Faktor

Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar

Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas

VIII MTS Amal Sholeh Kecamatan

Getasan (Doctoral dissertation, Program

Studi Pendidikan Matematika FKIPUKSW).

(Online),

(http://repository.uksw.edu diunduh 14

januari 2018).

Rostina Sundayana. 2013. Media

Pembelajaran Matematika. Bandung:

Alfabeta.

Sofia Hidayah. (2016). Analisis Kesalahan

Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita

SPLDV Berdasarkan Langkah

Penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan,

(Online),

vo1,(https://repository.unikama. ac.id

diunduh 13 januari 2018).

Tombokan Runtukahu & Selpius Kandou.

Pembelajaran Matematika Dasar

Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ummi Khasanah. (2015). Kesulitan

Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu

Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral

dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta). (Online)

(https://eprints.ums.ac.id diunduh 13

januari 2018).

Diterbitkan

2018-04-01