PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP REMEDIASI MISKONSEPSI IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TERONG DLINGO BANTUL

Penulis

  • Andriyani Andriyani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap remediasi miskonsepsi
IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong Dlingo Bantul. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Terong, Dlingo,
Bantul pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi
experiment). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest-posttest design, dengan
mengambil sampel penelitian satu kelas yaitu siswa kelas IV sebanyak 21 siswa. Instrumen penelitian berupa
tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik komparasional yang dilanjutkan
dengan Uji t dengan jenis uji beda dua mean data berpasangan pada taraf signifikansi 𛼠= 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan
dan setelah perlakuan. Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pretest 65,12, sedangkan nilai ratarata
posttest 80,24, maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap remediasi
miskonsepsi IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong, Dlingo, Bantul.

Referensi

Anggraini, D. P. (2015). EFEK MODEL

PEMBELAJARAN SCIENTIFIC

INQUIRY DAN KEMAMPUAN

BERPIKIR KREATIF TERHADAP

KETERAMPILAN PROSES SAINS

SISWA SMA NEGERI 1

STABAT (Doctoral dissertation,

UNIMED).

Esti Wahyuningsih. 2016 “Identifikasi Miskonsepsi

IPA Siswa Kelas V di SD Kanisius Beji

Tahun Pelajaran 2015/2016â€. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22

(5): 116-117.

Khoirul Anam. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Metode dan Aplikasi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Suparno, Paulus. 2005. Miskonsepsi dan

perubahan konsep dalam pendidikan

fisika. Jakarta: Grasindo.

Sutrisno, L., Kresnadi, H., dan Kartono. 2007.

Pengembangan Pembelajaran IPA SD.

Pontianak: LPJJ PGSD.

Usman Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di

Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Diterbitkan

2018-04-01