PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV MI RODLOTUL ULUM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam aktivitas pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi yang dilengkapi dengan pedoman observasi terhadap keaktifan belajar siswa dan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) objektif. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan menggunakan rumus statistik. Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada refleksi awal keaktifan belajar siswa sebesar 55,4 untuk observasi dan 53,9 untuk kuisioner yang tergolong rendah. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 59,7 untuk observasi dan 57,5 untuk kuisioner yang tergolong sedang ; sedangkan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 73, 5 dan 66,2 untuk kuisioner yang tergolong tinggi. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa . Pada refleksi awal nilai ratat-rata siswa sebesar 68,4 Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 70,3 , pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 82,5. Dari hasil tersebut ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooferatif model STAD.
Referensi
Adi, P. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi
Matematika Siswa Kelas V SD Kalipucangkulon 02 Jepara. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Anni, C, T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan 2010. Yogyakarta: Aditya Media.
-------------. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ayunani, Y. (2013). Peningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPA di SD Negeri Sukomangli 01 Kecamatan Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Baharudin.(2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. (2008).
Kamus Besar Bahasa Indonesia: edisi terbaru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S,B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S,B. (2011). Psokologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode pembelajaran Kreatif Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zaini,H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PustakaInsan Madani.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kusumah, W. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Mulyasa E. (2006). Implementasi kurikulum 2004, panduan Pembelajaran KBK. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Musfiroh. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: PT.Grasindo.
Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action
Research): Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Novitasari, D. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas III A SDK Demangan Baru 1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Poerwanti, E., dkk. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti.
Pralisti, Y. (2014).Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Kanisius Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
--------------. (2009). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R, E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal PGSD Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.