PENGEMBANGAN MULTIPLAY CARD OPERRTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS IV SD

Penulis

  • Adven Aditya Isnugroho Universitas PGRI Yogyakarta
  • Urip Muhayat Wiji Wahyudi

Kata Kunci:

pengembangan , multiplay card opertik, prestasi belajar

Abstrak

Dalam tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Multiplay Card Opertik yang mampu menunjang hasil belajar operasi hitung perkalian matematika siswa kelas IV SD Negeri Pucangan Ambal yang layak, praktis, dam efektif. Metode yang digunakan untuk pengembangan penelitian ini yaitu pengembangan ADDIE yang mampu dijalankan secara efektif dan efisien dipelajari dengan beberapa tahapan dasar desain suatu sistem pembelajaran. Dalam model penelitian dan pengembangan ADDIE ini terdapat lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dengan model peosedural yang memfokuskan pada keberaturan pada prosesnya, setiap langkah-langkah proses ditentukan dengan teliti. Model prosedural menunjukkan urutan langkah-langkah secara bertahap dari awal sampai akhir.Penilaian dari ahli materi menunjukan nilai 3,55 dan hasil penilaian ahli media menunjukan nilai 3,68 merpakan Hasil dari penelitian ini. Langkah berikutnya melakukan uji coba produk. Dari hasil uji coba diperoleh nilai sebesar 3,46 dari penliaian guru dan 3,19 dari respon siswa. Selanjutnya peneliti melakukan uji keefektifan dimana terdapat nilai pre-test 62,38 dan 81,72 untuk post-test. Dari hasil tersebu dapat dikatakan pengembangan Multiplay Card Opertik layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Referensi

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model”. Education Journal. 3 (1): 36-37

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Cahyaningtyas, Yufitasari. 2016. Pengembangan Permainan Multiplay card AIs Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Kecamatan Mijen. Skripsi. Pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan. Semarang

Croasmun, James T. 2011. “Using Likert-Type Scales In The Social Sciences”. Journal Of Adult Education. 40 (1): 20,21

Dewi, N. L. P. A. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multiply Cards Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Siswa Kelas II SD NO. 2 Kapal Kabupaten Badung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Febrianto, A., & Setianingsih, D. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 53-59.

Guslinda, dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: CV Jaked

Haryanti, Sri. 2012. “Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan”. Academia. 37 (1): 13,14

Iasha, C., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020, December). Pengembangan Permainan Multiply Cards sebagai Media Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas II SDN Bojong Nangka 01 Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 109-116).

Josh, Ankur, dkk. 20. “Likert Scale: Explored And Explained”. Journal Of Applied Science & Technology. 7 (4): 398

Kasanah, Satria Amina, dkk. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiplay card AIs Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (4): 521

Matondang, Zulkifli. 2013. “Validitas Dan Relibilitas Suatu Instrumen Penelitian”. Jurnal Tabularasa. 6 (1): 96

Nasaruddin. 2013. “Karakteristik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah”. Al-khawarizmi. 2 : 67, 70

Pane, Aprida. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. 03 (2): 335, 337-338

Rahmah, Nur. 201. “Hakikat Pendidikan Matematika”. Al-khawarizmi. 2 : 7-8

Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori Dan Praktek. Pasuruan. Lembaga academic & Research Institute

Setiyowati, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung.

Safitri, Septiani. 2021. Pengembangan Permainan Multiplay card AIs Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Jambi

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Pendidikan Pengembangan (Research & Decelopment). Salatiga. Aswaja Pressindo

Sappaile, Baso Intang. 2007. “Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Linkert Dengan Pendekatan Distribusi Z”. Jurnal pendidikan daN kebudayaan No. 064. ISSN 021-2673: 5

Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika”. MES (Journal of Mathematics Education and Science). 2 (1): 39, 60, 63-65

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung : ALFABETA.

Sujana, Wayan Cong. 2019. “fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia”. Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1): 31

Susanto, Nugroho. 2017. “Hakikat Dan Signifikansi Permainan”. Jendela olahraga. 2 (1): 100, 101

Tri Febriana Dilla, S. (2021). Pengembangan Media Multiply Cards Pada Pembelajaran Operasi Perkalian Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 218-232.

Ulya, Himmatul. 2017. “Permainan tradisonal sebagai media dalam pembelajaran matematika” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. ISBN: 978-602-70313-2-6

Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

Safira, A. R., & Kristanto, A. Pengembangan Media Permainan Seluncur Huruf Untuk Meningkatkan Kognitif Dengan Konsep Huruf Pada Anak Kelompok A.

Diterbitkan

2023-06-30