Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Lama Waktu Suatu Kejadian Berlangsung Melalui Model Numbered Head Together Dengan Media Pohon Pintar Kelas

Indonesia

Penulis

  • Yola Dwi Shinta Melati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dhiniaty Gularso Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.250121/jpgsdi.v9i2.5300

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada materi lama waktu suatu kejadian berlangsung melalui model Numbered Head Together dengan media Pohon Pintar Kelas III SD Kanisius Promasan.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas dengan sampel sebanyak 9 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh kelas III SD Kanisius Promasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan non tes sedangkan teknik analisis datanya menghitung mean dan presentase hingga mencapai kriteria keberhasilan 80%.

Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan media pohon pintar meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Kanisius Promasan dengan peningkatan dari 0% siswa mencapai ketuntasan belajar menjadi 55,55% pada siklus I dan meningkat menjadi 8 siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus II, maka memenuhi pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80%.

Kata Kunci: numbered head together, media pohon pintar, prestasi belajar

Diterbitkan

2023-12-28