EFEKTIVITAS KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS 5 SD 1 SEWON
Kata Kunci:
pembelajarn kooperatif, tipe TAI, motivasi belajar, prestasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe TAI pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD N 1 Sewon terhadap: 1) motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran tematik, 2) prestasi belajar tematik. Untuk mencapai tujuan tersebut, diimplementasikan metode kooperatif tipe TAI terhadap siswa kelas V SD Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas 20 orang. Data dikumpulkan menggunakan 1) lembar observasi, 2) tes prestasi belajar dan 3) wawancara. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu pada siklus 1 sebesar 72% (cukup) dan pada siklus 2 mencapai 80% (baik), siklus 3 mencapai 91% (sangat baik), 2) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,88 dan pada siklus II menjadi 74,69, daya serap meningkat dari siklus 1 pencapaian KKM sebesar 12 anak, Siklus 2 mencapai 16 anak dan siklus 3 mencapai 19 anak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Efektif meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran tematik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.
Referensi
Kurniawati. (2014). Penerapan Model Kooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika kelas V SDN Yappi Mulusan Paliyan Gunung Kidul. Diakses dari halaman web tanggal 15 desember 2022 dari: http://eprints.ums.ac.id/8677/ 2/A210060103.pdf
Nikadek,A.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Kelas V SDN Desa Kaliasem Kecamatan Banjar. Diakses dari halaman web tanggal 15 desember 2022 dari: http://ejournal.undiksha.ac.id/i ndex.php/JJPGSD/article/vie wFile/2429/2102
Slavin, R. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wardani. (2014). Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari halaman web tanggal 15 desember 2022 dari: http://repository.ut.ac.id/4153/ 1/IDIK4008-M1.pdf
Wahyuning, A (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Formal Siswa Kelas VIII Bilingual SMP RSBI Denpasar. Diakses dari halaman web tanggal 15 desember 2022 dari: http://ejournal.undiksha.ac.id/i ndex.php/ JJPGSD/article/viewFile/3065/2538
Wulandari, P (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rohmat Nurhadi Nurhadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.