The Development of Picture Word Card Learning Media (KATAGAR) to Improve the Beginning Writing Skills of Grade 1 Elementary School Students

Penulis

  • Rahmaniyah Sukmaningrum Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

pengembangan, menulis permulaan, media pembelajaran, kartu kata bergambar

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk menilai keterampilan menulis siswa kelas satu SD Negeri Golo; (2) Untuk memancarkan kelayakan media kartu kata bergambar (KATAGAR) sebagai alat bantu pengajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas satu SD Negeri Golo, khususnya dalam pembelajaran “kosa kata alfabet dari A sampai Z”; (3) Untuk mengetahui efektivitas media kartu kata bergambar (KATAGAR) dalam meningkatkan keterampilan menulis awal siswa kelas satu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Metode pengumpulan data meliputi penggunaan angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas satu SD Negeri Golo Yogyakarta yang berjumlah 18 siswa. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian secara keseluruhan menghasilkan media pembelajaran yaitu: (1) Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk media pembelajaran kartu kata bergambar (KATAGAR) untuk meningkatkan keterampilan menulis awal siswa kelas I SD Negeri Golo materi “kosa kata alfabet az” layak untuk diuji. (2) Berdasarkan uji analisis diperoleh hasil sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil sebelum perlakuan (pre-test) sebesar 69,72 dengan rata-rata setelah perlakuan sebesar 89,89. Dengan demikian, berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu kata bergambar (KATAGAR) dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IA SD Negeri Golo.

Referensi

Abbas, Saleh. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Diana, N., Anak, D. P., Dini, U., & Publishing, P. (n.d.). Nirva Diana, Mesiono. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Medan: Perdana Publishing.2016 ) hal. 4-5 1. 1–15.

Hadijah. (2015). “Penggunaan metode latihan untuk meningatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 sdn sibaluton”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(8): halaman 238-239

Hayati, Meti Tri. 2011. Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Alat Peraga Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri I Sendangijo Kecamata Selogiri Wonogiri. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nuryamah, I., & Sunarya, D. T. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 761-770

Prabowo, A., Indrawadi, J., & Amrii, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Menggunakan Media Gambar Flash Card dengan Pendekatan Saintifik Kelas II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3219–3228. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1376

Santrock J. W, Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup), 13 ed. Jakarta: Erlangga, 248

Yulin, A.E, dkk. (2018). Pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis awal yang memuat nilai karakter siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1): halaman 30.

Diterbitkan

2024-06-30