A Comparative Study of Kanisius Jomegatan Elementary School and Serangan State Elementary School

Penulis

  • Mukhlisin Universitas PGRI Yogyakarta
  • Zela Septikasari

Kata Kunci:

Studi Komparasi, Sarana dan prasarana, Metode Pembelajaran, Kurikulum

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada studi komparasi antara SD Kanisius Jomegatan dan SD Negeri Serangan, dengan tujuan mengidentifikasi perbedaan dan keunggulan masing-masing sekolah dalam berbagai aspek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk memahami perbedaan antara sekolah swasta dan negeri dalam hal kurikulum, sarana dan prasarana, serta metode pembelajaran. SD Kanisius Jomegatan dan SD Negeri Serangan dipilih sebagai objek studi karena keduanya mewakili karakteristik unik dari masing-masing tipe sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah menggunakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. SD Kanisius Jomegatan memiliki keunggulan dalam sarana dan prasarana, termasuk media pembelajaran yang lebih lengkap. Jumlah siswa di SD Kanisius Jomegatan lebih banyak (102 siswa) dibandingkan SD Negeri Serangan (56 siswa). Namun, SD Negeri Serangan memiliki aula yang luas dan fasilitas olahraga lompat jauh yang lebih baik. Pembelajaran di kedua sekolah ini bervariasi dan telah diupayakan untuk memberikan yang terbaik bagi siswa.

 

 

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2021). Panduan Kurikulum Merdeka: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Hamidah, I. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 143-156.

Sumintono, B., & Widodo, S. T. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Konsep, Model, dan Instrumen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2015). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Septikasari, M. (2015). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 45-58.

Septikasari, (2018). Penerapan Metode Guided Discovery Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengamati Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar

Septikasari, (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Vol, 24. No 1 (2018) Hlm 47-59.

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Diterbitkan

2024-06-30