PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV
Kata Kunci:
Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Narasi, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) langkah-langkah pengembangan media gambar berseri; (2) kelayakan produk pengembangan media gambar berseri; (3) keefektifan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg and Gall dengan menggunakan 6 langkah penelitian yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Sampel utama penelitian berjumlah 24 siswa kelas V. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa, pretest dan posttest.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) media pembelajaran yang dikembangkan dengan 6 langkah pengembangan berupa media gambar berseri; (2) produk pengembangan dinyatakan layak digunakan dengan presentase ahli media sebesar 81,25%, ahli materi sebesar 81,66%, dan respon siswa 93%; (3) keefektifan media gambar berseri dapat dilihat dari uji T-Test (Paired Samples Test) dengan nilai t hitung sebesar 4,226 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,073 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri efektif digunakan untuk mengingkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV.
Referensi
Annisa, Dini. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV. Skripsi. Jakarta: UIN
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Budiyanto. 2009. Bahasa Indonesia Menjawab Tantangan. Jawa Tengah: Balai Bahasa Jawa Tengah.
Islamiah, Dian. dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa. 12(1)
Maufur, Syibli dan Susi Lisnawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Jurnal Al Ibtida : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 4 (2): 191
Nuzula, Feiby A.F. 2022. Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Pembelajaran Menulis Narasi di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD. 10(1)
Sudjana, Nana dan Achmad Rivai. 2009. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Syafi'ie, Imam. 1996. Terampil Berbanasa Indonesia I. Jakarta: Balai Pustaka
Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Wahyuni, Rizky. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop -Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV di SD/MI. Skripsi. Lampung: UIN
Wulandari, Aprilia Tri. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Kedungoleng 04 Kec. Paguyangan Kab. Brebes. Skripsi. Semarang: UNNES
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dimas Wahyu Wardani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.