PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PLERET LOR PEDUKUHAN VI PLERET PANJATAN KULON PROGO

Penulis

  • Nani Setyawati Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

Pengembangan, Media, Pop-up Book, Bahasa Jawa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengembangan media Pop-Up Book pada materi aksara Jawa yang layak, (2) kelayakan media pop-up book pada Materi Pengenalan Aksara Jawa, dan (3) respon siswa terhadap media pop-up book pada Materi Pengenalan Aksara Jawa yang layak digunakan di kelas IV SDN Pleret Lor, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Pengembangan media didasarkan pada teori Thiagarajan, et al (1974: 5) dengan model 4D yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunukkan bahwa (1) hasil pengembangan berupa media pop-up book yang digunakan pada pembelajaran bahasa Jawa materi hanacaraka yaitu mengenal aksara Jawa, sandhangan swara, dan sandhangan panyigeg. (2) Kelayakan media pop-up book yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi yang ditinjau dari aspek ketepam materi, penggunaan bahasa dan tulisan, dan kualitas informasi diperoleh skor 54 berada pada nilai A pada kriteria sangat layak dengan rentang skor antara 54,66≤65,00 dan kelayakan media pop-up book memperoleh skor 89 berada pada nilai A pada kriteria sangat layak dengan rentang skor antara 83,94≤100,00. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa hasil penilaian ahli media tergolong sangat layak. (3) Penilaian respon guru pada uji coba terbatas diperoleh skor 54 dengan persentase 90% pada kategori “sangat baik” kemudian pada uji lapangan meningkat menjadi 57 dengan persentase 95% dengan kategori “sangat baik”. Penilaian respon siswa terhadap media pop-up book pada uji coba terbatas diperoleh persentase 87% dengan kategori “sangat baik” dan meningkat pada uji lapangan menjadi 100% dengan kategori “sangat baik”.

Referensi

Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Strategi belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Masna, A. A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Pop-Up Mata Pelajaran IPA Untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB B di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Nuridwan, Hayat. 2020. Pengembangan Pop-Up Book Pada Materi Panca Indera Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Kelas IV SD. Skripsi. Yogyakarta: UAD

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Diterbitkan

2024-06-30