PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS II SDLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Authors

  • Siwiyanti Siwiyanti SLB Negeri 2 Yogyakarta

Keywords:

Membaca Permulaan, Permainan Kartu Kata, Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu kata pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah dua orang siswa tunagrahita yaitu RZ dan FD. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yang masing – masing siklus dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis kritis dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan rerata hasil pengamatan siswa RZ dari 20% padapra siklus menjadi 80% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 100% pada siklus 2. Pada siswaFD dari 10% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 80% pada siklus 2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II tunagrahita SDLB Negeri 2 Yogyakarta.

References

Aleka dan H.Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Kencana.

Alimin, Zaenal. 2012. Siswa Berkebutuhan Khusus, Modul pada Universitas Pendidikan

Indonesia : tidak diterbitkan.

Amin M, 1995. Ortopedagogik Siswa Tunagrahita, Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan .

Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York : Macmillan

Publishing Co, Inc.

Dekdikbud, 1997.Media Dalam Proses Pembelajaran I. Pusat Pengembangan Penataran

GuruIPS dan PMP Malang

Efendi, Mohammad, Pengantar Psikopedagogik Siswa Berkelainan, Jakarta : PT Bumi

Aksara, 2006.

Endang Rochyadi dan Zaenal Alimin. 2005. Pengembangan Program Pembelajaran

Individual bagi Siswa Tunagrahita. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Guntur Tarigan, Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

AngkasaBandung.

Harti Kartini Dkk, 2003.Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa didik SD Dalam

Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Interaktif

Haryadi, dan Zamzami,1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jannah, Miftakhul & Darmawanti, Ira. 2004. Tumbuh Kembang Siswa Usia Dini & Deteksi

Dini pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.

Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran bagi Siswa Hambatan Mental. Yogyakarta:

Kanwa Publisher

Ngalim Purwanto. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Inonesia. Jakarta:PT Rosda

Jayaputra.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat

PenerbitanUniversitas Terbuka.

Nurani Musta’in, 2004. Siswa didik Islam Suka Membaca, Surakarta : Penerbit Pusaka

Anamah.

Prihantoro, A dan Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin:

Jurnal Ilmu - Ilmu Keislaman. Volume 9 Nomor 1, Juni 2019, 49-60.

Robbins. (2000). Keterampilan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Root, MBE, Betty (2004), Membantu Putra Anda Belajar Membaca. Jakarta : Penerbit

Periplus.

Tarigan, Djago. 1986. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangan.

Bandung: Bumi Aksara

Sareb Putra, Masri. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: P.T. Indeks.

Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung:

Pustaka

Setia.

Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

ProsesPendidikanJakarta.Penerbit Kencana Prenada Media.

http://eprints.uny.ac.id/42689/1/10103244014_DIYAH%20AYU%20DWIJAYANTI.pdf

https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/14273/6900

https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmuguruku/2020/11/07/tingkatkan-belajarmembaca-dengan-kartu-kata

Published

2022-03-11

Citation Check