PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS II SDLB NEGERI 2 YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Membaca Permulaan, Permainan Kartu Kata, TunagrahitaAbstrak
Referensi
Aleka dan H.Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:
Kencana.
Alimin, Zaenal. 2012. Siswa Berkebutuhan Khusus, Modul pada Universitas Pendidikan
Indonesia : tidak diterbitkan.
Amin M, 1995. Ortopedagogik Siswa Tunagrahita, Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan .
Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York : Macmillan
Publishing Co, Inc.
Dekdikbud, 1997.Media Dalam Proses Pembelajaran I. Pusat Pengembangan Penataran
GuruIPS dan PMP Malang
Efendi, Mohammad, Pengantar Psikopedagogik Siswa Berkelainan, Jakarta : PT Bumi
Aksara, 2006.
Endang Rochyadi dan Zaenal Alimin. 2005. Pengembangan Program Pembelajaran
Individual bagi Siswa Tunagrahita. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Guntur Tarigan, Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
AngkasaBandung.
Harti Kartini Dkk, 2003.Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa didik SD Dalam
Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Interaktif
Haryadi, dan Zamzami,1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Jannah, Miftakhul & Darmawanti, Ira. 2004. Tumbuh Kembang Siswa Usia Dini & Deteksi
Dini pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.
Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran bagi Siswa Hambatan Mental. Yogyakarta:
Kanwa Publisher
Ngalim Purwanto. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Inonesia. Jakarta:PT Rosda
Jayaputra.
Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat
PenerbitanUniversitas Terbuka.
Nurani Musta’in, 2004. Siswa didik Islam Suka Membaca, Surakarta : Penerbit Pusaka
Anamah.
Prihantoro, A dan Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin:
Jurnal Ilmu - Ilmu Keislaman. Volume 9 Nomor 1, Juni 2019, 49-60.
Robbins. (2000). Keterampilan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Root, MBE, Betty (2004), Membantu Putra Anda Belajar Membaca. Jakarta : Penerbit
Periplus.
Tarigan, Djago. 1986. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangan.
Bandung: Bumi Aksara
Sareb Putra, Masri. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: P.T. Indeks.
Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung:
Pustaka
Setia.
Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
ProsesPendidikanJakarta.Penerbit Kencana Prenada Media.
http://eprints.uny.ac.id/42689/1/10103244014_DIYAH%20AYU%20DWIJAYANTI.pdf
https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/14273/6900