PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN MELALUI METODE DRILL PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU LATIH KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA BINA SIWI PAJANGAN BANTUL

Penulis

  • Mugiyanti Mugiyanti SLB Bina Siwi Pajangan Bantul Yogyakarta

Kata Kunci:

kemampuan bina diri makan, Anak tunagrahita mampu latih, metode drill

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita mampu latih kelas II di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul melalui metode drill. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa tunagrahita mampu latih kelas II di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi siswa belajar, observasi guru mengajar dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill tata cara makan dapat meningkatkan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita mampu latih. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil pencapaian kemampuan anak tunagrahita mampu latih yang telah memenuhi keberhasilan minimal yaitu 65. Pasca tindakan siklus I subjek LF mampu mencapai skor 60 namun pada siklus II mampu mencapai skor 70. Sedangkan subjek DF mampu mencapai skor 65 pada siklus I dan 75 pada siklus II dari indikator kemampuan melakukan tahapan tata cara makan. Meningkatkan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita mampu latih menggunakan penerapan metode drill yang dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang agar anak lebih mudah untuk mengingat setiap tahapan dalam metode drill sehingga dapat melakukan dengan mandiri. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan metode drill tata cara makan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita mampu latih kelas II SLB Bina Siwi Pajangan Bantul meningkat.

Referensi

Haryanto, dkk. (2003). Stategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Herawati Susilo, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media

Publishing

Mamad Widya. (2011). Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Jakarta: Universitas Terbuka

Mohammad Efendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: Bumi Aksara

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental.

Yogyakarta: Kanwa Publisher.

. (2014). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta:

FIP-UNY.

M. Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Rini Hildayani, dkk. (2014). Penanganan Anak Berkelainan. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Saifuddin Anzwar. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Silberman, L. Melvin. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif

(Edisi Revisi). Bandung:Nusamedia.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).

Jakarta: Bumi Aksara.

. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT. Rineka Cipta

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-16

Citation Check