HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nur Erlinasari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Makin Makin Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1200

Abstract

Penelitian bertujuan menemukan bukti empirik hubungan antara penerapan School-Wide Positive Behavior Support dengan gejala Nomophobia pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Penelitian menerapkan metode ekspos-facto dengan desain korelasional kuantitatif. Subyek penelitian keseluruhan siswa kelas kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabelitasnya. Analisis data menggunakan metode statistik parametrik dengan menerapkan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menemukan: 1) Resiko nomophobia yang paling banyak ditemukan pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta adalah Compulsive web surving yang ditandai dengan perilaku berkali-kali mengakses web seperti googling, media sosial, dan ritel daring meskipun tidak ada kebutuhan mendesak untuk mengaksesnya; 2) Penerapan School-Wide Positive Behavior Support berkorelasi negatif dengan gejala nomophobia pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Artinya penerapan pembiasaan berperilaku positif dalam menggunakan ponsel di sekolah dapat mengurangi gejala nomophobia pada siswa dalam bentuk ketidaknyamanan, kecemasan, kegelisahan atau kesedihan yang disebabkan oleh tidak adanya kontak dengan ponsel. Namun secara statistik keeratan hubungan antara penerapan School-Wide Positive Behavior Support dengan penurunan gejala nomophobia pada siswa relatif kecil yaitu 0,22%

Kata kunci: school-wide positive behavior support, nomophobia

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Erlinasari, N., & Makin, M. (2020). HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 161–168. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1200

Citation Check