HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1200Abstract
Penelitian bertujuan menemukan bukti empirik hubungan antara penerapan School-Wide Positive Behavior Support dengan gejala Nomophobia pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Penelitian menerapkan metode ekspos-facto dengan desain korelasional kuantitatif. Subyek penelitian keseluruhan siswa kelas kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabelitasnya. Analisis data menggunakan metode statistik parametrik dengan menerapkan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menemukan: 1) Resiko nomophobia yang paling banyak ditemukan pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta adalah Compulsive web surving yang ditandai dengan perilaku berkali-kali mengakses web seperti googling, media sosial, dan ritel daring meskipun tidak ada kebutuhan mendesak untuk mengaksesnya; 2) Penerapan School-Wide Positive Behavior Support berkorelasi negatif dengan gejala nomophobia pada siswa kelas XI IPA 8 SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Artinya penerapan pembiasaan berperilaku positif dalam menggunakan ponsel di sekolah dapat mengurangi gejala nomophobia pada siswa dalam bentuk ketidaknyamanan, kecemasan, kegelisahan atau kesedihan yang disebabkan oleh tidak adanya kontak dengan ponsel. Namun secara statistik keeratan hubungan antara penerapan School-Wide Positive Behavior Support dengan penurunan gejala nomophobia pada siswa relatif kecil yaitu 0,22%
Kata kunci: school-wide positive behavior support, nomophobiaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.