PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBIMBING AKHLAK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.818Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan: upaya bimbingan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dan guru akidah akhlak, capaian hasil bimbingan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan. Penelitian menerapkan pendekatan fenomenologi dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi dengan sumber data: guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran akidah-akhlak, dan 3 perwakilan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Analisis data menerapkan tahapan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini upaya preventif dari guru bimbingan dan konseling melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi-sosial, sedangkan guru akidah-ahlak melaksanakannya melalui tugas pembelajaran akidah-ahlak di kelas. Upaya yang bersifat kuratif berupa penanganan kasus pelanggaran atau perilaku menyimpang dari norma etika/ahlak, menggunakan metode penasehatan, teguran, hukuman, kolaborasi teman sejawat dan orangtua siswa. Hasil bimbingan menunjukkan peningkatan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap pengamalan ahlak yang baik. Faktor pendukung bimbingan berupa peranserta semua pihak di sekolah dan orangtua siswa, faktor budaya, dan pemberian penghargaa dari sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat bersumber dari kurangnya pemahaman agama dan perhatian dari sebagaian orangtua siswa.
Kata kunci : peran guru bk, guru akidah-ahlak, ahklak siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.