EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENULIS EKSPRESIFUNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT) PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2183Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik
menulis ekspresif untuk mereduksi kejenuhan belajar (burnout) pada remaja. Dalam
penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja
usia 12-24 tahun di Desa Mangunsari, Sawangan. Subjek penelitian ini diambil
berdasarkan hasil pra penelitian observasi dan wawancara maka pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket
kejenuhan belajar (burnout) yang akan diambil 5 remaja. Penelitian ini menggunakan
desain One GroupPretest dan Posttest, desain tersebut menggunakan satu kelompok
subjek dengan satu macam perlakuan, yaitu kelompok eksperimen. Teknik analisis
menggunakan parametrik paired sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektiv terhadap penurunan
kejenuhan belajar (burnout) pada remaja, hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample ttest
dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed)0,003<0,05. Serta dengan adanya perbedaan
skor rata-rata angket kejenuhan belajar 28,003% dari hasil pretest dan posttest.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Menulis Ekspresif, Kejenuhan Belajar (Burnout)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.