EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENULIS EKSPRESIFUNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT) PADA REMAJA

Penulis

  • Tio Yoga Pratama Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Subiyanto Subiyanto Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Nofi Nur Yuhenita Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2183

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik
menulis ekspresif untuk mereduksi kejenuhan belajar (burnout) pada remaja. Dalam
penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja
usia 12-24 tahun di Desa Mangunsari, Sawangan. Subjek penelitian ini diambil
berdasarkan hasil pra penelitian observasi dan wawancara maka pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket
kejenuhan belajar (burnout) yang akan diambil 5 remaja. Penelitian ini menggunakan
desain One GroupPretest dan Posttest, desain tersebut menggunakan satu kelompok
subjek dengan satu macam perlakuan, yaitu kelompok eksperimen. Teknik analisis
menggunakan parametrik paired sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
konseling kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektiv terhadap penurunan
kejenuhan belajar (burnout) pada remaja, hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample ttest

dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed)0,003<0,05. Serta dengan adanya perbedaan
skor rata-rata angket kejenuhan belajar 28,003% dari hasil pretest dan posttest.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Menulis Ekspresif, Kejenuhan Belajar (Burnout)

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Pratama, T. Y., Subiyanto, S., & Yuhenita, N. N. (2021). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENULIS EKSPRESIFUNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT) PADA REMAJA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2183

Citation Check