KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK ASERTIF TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2187Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok dengan
teknik Modeling dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah
Salatiga, 2) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif Training
dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga, 3)
menjelaskan perbedaan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan
teknik Asertif Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK
Muhammadiyah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga yang berjumlah 76
orang, dengan sampel sebanyak 28 orang. Teknik analisa data dengan menggunakan
Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan kelompok
teknik Modeling efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih ratarata
sebesar 94,57 dan nilai thitung 58,886 dengan p = 0,000. 2) bimbingan kelompok
teknik Asertif Training efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih
rata-rata sebesar 90,28 dan nilai thitung 54,534 dengan p = 0,000. 3) terdapat perbedaan
tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan teknik Asertif
Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik.
Kata Kunci: Kesiapan Karir, Teknik Modeling, dan Teknik Asertif Training.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.