KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK ASERTIF TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA

Authors

  • Joko Wahyono Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anwar Sutoyo Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Muh. Djafar Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1575

Keywords:

Kesiapan Karir, Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, dan Teknik Asertif Training.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga, 2) menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga, 3) menjelaskan perbedaan keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan teknik Asertif Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Muhammadiyah Salatiga yang berjumlah 76 orang, dengan sampel sebanyak 28 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu 14 orang bimbingan kelompok teknik Modeling dan 14 orang bimbingan kelompok teknik Asertif Training. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: 1) variabel terikat yaitu kesiapan kerja (Y), 2) variabel bebas yaitu: bimbingan kelompok teknik Modeling (X1), dan bimbingan kelompok teknik Asertif Training (X2). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala Kesiapan Kerja. Teknik analisa data dengan menggunakan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan kelompok teknik Modeling efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih rata-rata sebesar 94,57 dan nilai thitung 58,886 dengan p = 0,000. 2) bimbingan kelompok teknik Asertif Training efektif meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih rata-rata sebesar 90,28 dan nilai thitung 54,534 dengan p = 0,000. 3) terdapat perbedaan tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling dan teknik Asertif Training dalam meningkatkan kesiapan kerja peserta didik dengan selisih rata-rata sebesar 3,929 dan nilai thitung 4,901 dengan p = 0,000.

 

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Wahyono, J., Sutoyo, A., & Djafar, M. (2021). KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK ASERTIF TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 286–294. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1575

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.