BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BK ANGKATAN 2015-2016 IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.34Abstract
pengalaman sukses tersebut akan memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Hasil
penelitian mencakup pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing,
kondisi awal motivasi belajar, model bimbingan kelompok dengan teknik role playing
yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa IKIP PGRI
Pontianak. Model hipotetik dalam penelitian berisi; (1) Rasional, berisikan dasar
pemikiran secara khusus dan spesifik pentingnya bimbingan kelompok dengan
menggunakan role playing, (2) Visi dan misi bimbingan kelompok yang diharapkan
memberikan kejelasan arah pencapaian secara umum, (3) Tujuan bimbingan kelompok
yang secara umum dan khusus menjabarkan tujuan yang hendak dicapai berdasarkan
indikator motivasi belajar, (4) Isi bimbingan kelompok tentang pribadi, sosial, belajar dan
karir berdasarkan indikator motivasi belajar.
Kata kunci: model bimbingan kelompok, motivasi belajar, teknik role playing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.