BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BK ANGKATAN 2015-2016 IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Hastiani - - IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Tri Mega Ralasari S IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.34

Abstract

Motivasi dapat menghasilkan ketekunan yang membawa keberhasilan dan selanjutnya
pengalaman sukses tersebut akan memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Hasil
penelitian mencakup pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing,
kondisi awal motivasi belajar, model bimbingan kelompok dengan teknik role playing
yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa IKIP PGRI
Pontianak. Model hipotetik dalam penelitian berisi; (1) Rasional, berisikan dasar
pemikiran secara khusus dan spesifik pentingnya bimbingan kelompok dengan
menggunakan role playing, (2) Visi dan misi bimbingan kelompok yang diharapkan
memberikan kejelasan arah pencapaian secara umum, (3) Tujuan bimbingan kelompok
yang secara umum dan khusus menjabarkan tujuan yang hendak dicapai berdasarkan
indikator motivasi belajar, (4) Isi bimbingan kelompok tentang pribadi, sosial, belajar dan
karir berdasarkan indikator motivasi belajar.
Kata kunci: model bimbingan kelompok, motivasi belajar, teknik role playing

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

-, H. .-., & Ralasari S, T. M. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BK ANGKATAN 2015-2016 IKIP PGRI PONTIANAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.34

Citation Check