2. Pendidikan Karakter Berbasis Konseling Oleh Guru SD IT Mandailing Natal

Authors

  • Elida Hapni UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumatera Barat , Indonesia
  • Irman UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumatera Barat , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4427

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi pendidikan karakter di SDIT Al Furqan Panyabungan Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara langsung. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, dan penampilan data. Uji kebasahan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDIT Al Furqan Mandailing Natal dilaksanakan secara sistematis dan terjadwal. Penerapan pendidikan karakter dilaksanakan dalam berbagai bentuk program dan kegiatan melalui proses pembelajaran, pemberian keteladanan, dan ekstrakulikuler sekolah dengan memperhatikan 7 nilai-nilai karakter. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa nilai-nilai ini diimplementasikan pada program sekolah one day one program, seperti pembiasaan baca doa, praktik shalat duha, menghafal al Quran, pembacaan asmaul husna, pengembangan bakat dan minat tilawatul Quran, Jumat sirah, dan ekstrakulikuler.

Kata kunci: pendidikan karakter, konseling, siswa sekolah dasar

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Elida Hapni, & Irman. (2023). 2. Pendidikan Karakter Berbasis Konseling Oleh Guru SD IT Mandailing Natal . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 169–180. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4427

Citation Check