2. Pendidikan Karakter Berbasis Konseling Oleh Guru SD IT Mandailing Natal
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4427Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi pendidikan karakter di SDIT Al Furqan Panyabungan Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara langsung. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, dan penampilan data. Uji kebasahan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDIT Al Furqan Mandailing Natal dilaksanakan secara sistematis dan terjadwal. Penerapan pendidikan karakter dilaksanakan dalam berbagai bentuk program dan kegiatan melalui proses pembelajaran, pemberian keteladanan, dan ekstrakulikuler sekolah dengan memperhatikan 7 nilai-nilai karakter. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa nilai-nilai ini diimplementasikan pada program sekolah one day one program, seperti pembiasaan baca doa, praktik shalat duha, menghafal al Quran, pembacaan asmaul husna, pengembangan bakat dan minat tilawatul Quran, Jumat sirah, dan ekstrakulikuler.
Kata kunci: pendidikan karakter, konseling, siswa sekolah dasar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Elida Hapni, Irman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.