Strategi Pembelajaran Terjemah Al-Quran Dengan Pendekatan Metode Tamyiz Pada Santri MBS Pleret

Authors

  • Samsul Bahri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Moh. Naim Madjid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Muh. Syifa Amin Widigdo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4720

Abstract

Terjemah al-Quran salah satu program pembelajaran yang bertujuan menjaga standar al-Quran sebagai wahyu dan firman Allah SWT serta upaya pengamalan al-Quran agar ilmu yang diperoleh dapat dipahami dan diamalkan. Dewasa ini metode pembelajaran al-Quran di tanah air sudah banyak mengalami perkembangan dan keberagaman, hal itu dapat kita jumpai melalui taman pendidikan al-Quran, sekolah formal, dan pesantren. Metode Tamyiz salah satu metode yang menjadi solusi kepada peserta didik agar lebih efektif mempelajari al-Quran beserta terjemahannya. Penelitian ini mengguunakan pendekatan kualitatif dengan metode kasus tunggal pada sebuah pesantren di yang berlokasi di PPM MBS Pleret. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran metode Tamyiz di PPM MBS Pleret berjalan efektif pada pembelajaran terjemah al-Quran dengan strategi pembelajaran penyiapan guru pengampu, pengelolaan kelompok, tahapan-tahapan materi pembelajaran dan desain kurikulum serta serta teknik evaluasi test berjenjang dan terstruktur.

Kata kunci: strategi pembelajaran, terjemah al-quran, tamyiz, PPM MBS pleret

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Samsul Bahri, Moh. Naim Madjid, & Muh. Syifa Amin Widigdo. (2023). Strategi Pembelajaran Terjemah Al-Quran Dengan Pendekatan Metode Tamyiz Pada Santri MBS Pleret. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 730–738. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4720

Citation Check