Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Melalui Layanan Informasi
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4931Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap risiko yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba. Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Tahap pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Studi yang dilakukan menjelaskan jika penggunaan dalam pelayanan informasi untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang risiko yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba di SMP Negeri 1 Dolok Sigompulon. Hasil penelitian menjelaskan tiga langkah dalam menyajikan pelayanan informasi yang disalurkan dari guru bidang bimbingan dan konseling kepada siswa di SMP Negeri 1 Dolok Sigompulon guna memberikan peningkatan dan pemahaman kepada siswa mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah menjadi kendala bagi Guru Bimbingan dan Konselinguntuk meningkatkan pemahaman siswa tentang resiko penyalahgunaan narkoba di SMP Negeri 1 Dolok Sigompulon dalam menyampaikan layanan informasi. Rencana Guru Bimbingan dan Konseling adalah mengedukasi siswa tentang risiko penyalahgunaan narkoba dengan memberikan informasi yang akurat dan menarik
Kata kunci: pemahaman, siswa, layanan informasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Khofifah Tanjung, Nurussakinah Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.