Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir

Authors

  • Saida Amini Thasfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurussakinah Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran Guru Bimbingan dan Konseling terhadap karir siswa di sekolah. Guru Bimbingan Konseling memiliki peran krusial dalam kematangan karir siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi upaya Bimbingan Karir oleh Guru BK, 2) menilai efektivitas kinerja Guru BK dan program bimbingan konseling di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Subjek penelitian terdiri dari 5 Guru BK yang berasal dari sekolah di Kecamatan Babalan, yaitu SMA Negeri 1 Babalan, SMA Negeri 1 Sei Lepan, SMP Negeri 2 Babalan, dan MAS Al-WASLIYAH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Bimbingan Konseling memainkan peran penting dalam program bimbingan konseling yang diterapkan dan efektif. Penerapan Teori Donald E. Super dalam bimbingan karir memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang diri mereka, serta informasi yang relevan tentang pilihan karir. Penelitian ini menekankan pentingnya program bimbingan karir yang sistematis dan berkelanjutan di sekolah untuk mendukung kematangan karir remaja.

Kata kunci: guru bimbingan dan konseling, kematangan karir, siswa, bimbingan karir

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Saida Amini Thasfa, & Nurussakinah Daulay. (2024). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 223–232. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6314

Citation Check