Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pemilihan Karir Pada Siswa SMA

Authors

  • Yumna Khairiyah Pane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Alfin Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal teknik SGD untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pemilihan karir. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di MAN 1 Medan total 400 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dimana terbagi menjadi dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 36 orang, jadi total sampel berjumlah 66 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, yaitu angket pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan independent sampel T-test dengan SPSS versi 26. Hasil analisis data menunjukka bahwa nilai Sig. sebesar 0.030 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan yaitu 11.567. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal teknik Small Groiup Discussioin (SGD) ini, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memilih karirnya

Kata kunci: bimbingan klasikal, small group discussion, pemilihan karir

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Yumna Khairiyah Pane, & Alfin Siregar. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Small Group Discussion (SGD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pemilihan Karir Pada Siswa SMA . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 646–655. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4945

Citation Check

Most read articles by the same author(s)