Efektivitas Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Integritas Akademik Siswa

Authors

  • Nurul Usna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Alfin Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4895

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Test Control Grup untuk mengevaluasi efektivitas layanan informasi dengan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman integritas akademik siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Al-Jam’iyatul Washilayah Tembung, dengan 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol, yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai t-hitung pada pair 1 adalah -7.531 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005, dan pada pair 2 adalah -3.281 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.005. Seluruh aspek penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, layanan informasi dengan media audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman integritas akademik siswa kelas X Al-Jam’iyatul Washilayah Tembung.

Kata Kunci : layanan informasi,audio visual, integritas akademik

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Nurul Usna, & Alfin Siregar. (2023). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Integritas Akademik Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 576–586. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4895

Citation Check

Most read articles by the same author(s)