Budaya Religius Sekolah Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • salsabila Mawaddah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Nurmawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4973

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang hubungan antara budaya religius di sekolah dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH Depok. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif korelasi. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH, mulai dari kelas VII hingga kelas IX sebanyak 56 siswa. Dalam penelitian ini, digunakan sampel jenuh dari seluruh populasi. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,616 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima  dan Ho ditolak, yang berarti adanya korelasi antara variabel X (budaya religius di sekolah) dengan variabel Y (kecerdasan spiritual siswa). Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya religius di sekolah dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Islam Terpadu ARRAHMAH Depok, Jawa Barat.

Kata kunci: budaya religius, kecerdasan spiritual, sekolah islam

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

salsabila Mawaddah, & Nurmawati. (2024). Budaya Religius Sekolah Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 602–612. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4973

Citation Check