Pengaruh Strategi STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, Insting) Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5490Abstract
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Alquran siswa di Rumah Tahfiz Sirojul Mukhlasin Bandar Klippa. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui angket dan tes, dengan teknik cluster random sampling untuk memilih sampel. Pengujian normalitas dan homogenitas dilakukan menggunakan Liliefors, Fisher, dan Bartlett. Hasil menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menghafal Alquran (Fhitung = 4,35 > Ftabel 3,96). Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menghafal (Fhitung = 5,14 > Ftabel 3,96). Selain itu, ditemukan interaksi signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar (Fhitung = 104,36 > Ftabel 3,96). Kesimpulannya, kedua faktor tersebut memiliki kontribusi penting terhadap kemampuan menghafal Alquran siswa.
Keywords: strategi STIFIn, motivasi belajar, kemampuan menghafal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Annisa Muharmina, Nurmawati, Salminawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.