Menumbuhkan Sumber Daya Sosial Remaja Dengan Teknik Sosiodrama
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4976Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan Teknik sosiodrama dalam menumbuhkan sumber daya sosial remaja. Metode yang digunakan jenis eksperimen dengan desain one group pre test-post test, dengan populasi 35 siswa dan sampel 5 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert beserta pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji Paires Sample T- Test, dengan nilai signifikansi 0,001 kurang dari taraf signifikan (a) = 0,05. Hasilnya menunjukkan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mampu menumbuhkan sumber daya sosial siswa. Dapat ditarik kesimpulan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok efektif dalam menumbuhkan sumber daya sosial peserta didik kelas XI C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarnnasin.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, sumber daya sosial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Azizah, Ririanti Rachmayanie Jamain, Rizky Ildiyanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.