Menumbuhkan Sumber Daya Sosial Remaja Dengan Teknik Sosiodrama
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4976Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan Teknik sosiodrama dalam menumbuhkan sumber daya sosial remaja. Metode yang digunakan jenis eksperimen dengan desain one group pre test-post test, dengan populasi 35 siswa dan sampel 5 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert beserta pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji Paires Sample T- Test, dengan nilai signifikansi 0,001 kurang dari taraf signifikan (a) = 0,05. Hasilnya menunjukkan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mampu menumbuhkan sumber daya sosial siswa. Dapat ditarik kesimpulan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok efektif dalam menumbuhkan sumber daya sosial peserta didik kelas XI C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarnnasin.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, sumber daya sosial
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Azizah, Ririanti Rachmayanie Jamain, Rizky Ildiyanita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.