Peran Guru PAI Dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5069Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam program bimbingan konseling perkembangan. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yaitu dalam menggabungkan data memerlukan pemahaman yang mendalam dan harus mempelajari isi dari berbagai sumber yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam program bimbingan konseling perkembangan yaitu selain mengajar di kelas juga berperan untuk membimbing, memotivasi, menasihati, dan berperan menjadi konselor untuk menyelesaikan masalah yang di alami oleh siswa. Pada bimbingan dan konseling perkembangan ini tidak berfokus pada permasalahan saja, tetapi juga mengupayakan pada perkembangan tertentu contohnya seperti meningkatkan potensi, memilih cita-cita, merancang masa depan, mengembangkan diri untuk menentukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, guru PAI diharapkan dapat menjadi teladan yang baik untuk para peserta didiknya. Karena setiap apa yang dilakukan oleh guru dapat ditiru oleh siswa.
Kata kunci: peran guru PAI, bimbingan dan konseling, perkembangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Prasastia Maudita, Budi Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.