Peran Guru PAI Dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan

Penulis

  • Prasastia Maudita Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Budi Haryanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5069

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam program bimbingan konseling perkembangan. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yaitu dalam menggabungkan data memerlukan pemahaman yang mendalam dan harus mempelajari isi dari berbagai sumber yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam program bimbingan konseling perkembangan yaitu selain mengajar di kelas juga berperan untuk membimbing, memotivasi, menasihati, dan berperan menjadi konselor untuk menyelesaikan masalah yang di alami oleh siswa. Pada bimbingan dan konseling perkembangan ini tidak berfokus pada permasalahan saja, tetapi juga mengupayakan pada perkembangan tertentu contohnya seperti meningkatkan potensi, memilih cita-cita, merancang masa depan, mengembangkan diri untuk menentukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan  yang dimiliki. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, guru PAI diharapkan dapat menjadi teladan yang baik untuk para peserta didiknya. Karena setiap apa yang dilakukan oleh guru dapat ditiru oleh siswa.

Kata kunci: peran guru PAI, bimbingan dan konseling, perkembangan

Diterbitkan

2023-07-10

Cara Mengutip

Maudita, P., & Budi Haryanto. (2023). Peran Guru PAI Dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 109–117. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5069

Citation Check