Pengaruh Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Bullying
Konformitas Teman Sebaya Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5168Abstract
Perundungan atau bullying sekarang ini banyak sekali terjadi di lingkungan sekolah. Banyak sekali factor yang mempengaruhi terjadinya bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh konformitas teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying pada siswa SMA Basyariyah Madiun. Desain dalam penelitian yang digunakan adalah expost facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket konformitas teman sebaya, angket intensitas penggunaan media sosial dan angket perilaku bullying. Teknik analisis data untuk melakukan uji hipotesis menggunakan regresi linier. Hasil analisis daya menunjukkan terdapat pengaruh antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying dan terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying, serta terdapat pengaruh konformitas teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying. Pengaruh konformitas teman sebaya dan penggunaan media sosial sebesar sebesar 37,5 % sedangkan 63,5% dipengaruhi oleh factor lain. Kesimpulan terdapat pengaruh konformitas teman sebaya dan intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying.
Kata kunci: konformitas teman sebaya, penggunaan media sosial, perilaku bullying
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ibnu Mahmudi, Silvia Yula Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.