Peningkatan Kepercayaan Diri Korban Bullying Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertive Training

Authors

  • Silvia Yula Wardani Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Rischa Pramudia Trisnani Universitas PGRI Madiun , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6299

Abstract

Bullying memberikan dampak negatif pada kepercayaan diri korban. Layanan konseling kelompok teknik asertive training menjadi salah satu solusi efektif untuk membantu korban bullying meningkatkan kepercayaan diri. Tujuaan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri korban bullying dan efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik pelatihan asertif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dimana siswa menjadi korban bullying. Metode pengumpulan data pada penelitian melalui angket kepercayaan diri korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tepatnya penelitian eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan sebelum diberi perlakuan dengan konseling kelompok dan setelah diberi perlakuan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil uji SPSS menggunakan uji t menunjukkan nilai sebesar 0,00. Kesimpulan penelitian adalah layanan konseling kelompok dengan teknik pelatihan asertif efektif meningkatkan rasa percaya diri korban. Kepercayaan diri korban bulllying dapat meningkat setelah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training.

Kata kunci: kepercayaan diri, bullying, konseling kelompok, assertive training

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Yula Wardani, S., & Pramudia Trisnani, R. (2025). Peningkatan Kepercayaan Diri Korban Bullying Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertive Training . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1226–1235. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6299

Citation Check