Study Literature: Efektifitas Konseling CBT dengan Teknik Self Intruction Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa

Authors

  • Fauziah Universitas Islam Negri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Firidameka Koswara Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Masril Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5561

Abstract

Pentingnya disiplin belajar untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Siswa yang disiplin memiliki kinerja akademik, keterampilan manajemen waktu, dan tanggung jawab pribadi yang lebih baik. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) yang dikombinasikan dengan teknik Self-Instruction terbukti menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian studi literatur digunakan untuk mengkonfirmasi efektivitas kombinasi CBT dan Self-Instruction. Temuan tinjauan literatur mendukung peran konseling dalam membentuk sikap, perilaku, dan disiplin siswa. CBT dan Self-Instruction meningkatkan kesadaran diri siswa, pengelolaan emosi, keterampilan sosial, dan perencanaan karir pada saat yang bersamaan. Setelah intervensi CBT dengan teknik Self-Instruction, penelitian empiris menunjukkan adanya peningkatan motivasi berprestasi dan penurunan tingkat stres akademik. Kesimpulannya, kombinasi ini memberikan solusi komprehensif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa dan berdampak positif pada lingkungan pendidikan.

Kata kunci: konseling, CBT, self-instruction

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Fauziah, Firidameka Koswara, & Masril. (2024). Study Literature: Efektifitas Konseling CBT dengan Teknik Self Intruction Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 613–618. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5561

Citation Check