Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5841Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat keefektivitasan teknik emotive behaviour therapy (REBT) melalui bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku bullying di SMP. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen melalui pre-test dan post-test. Subjek Penelitian siswa yang teridentifikasi perilaku bullying di sekolah. Sampel penelitian diambil dari kelas VII A dan VII B masing-masing terdiri dari 27 siswa. Penarikan sampel dengan teknik purposive sampling, 9 siswa kelompok kontrol dan 9 siswa kelompok eksperimen. Istrumen penelitian menggunakan skala bullying dengan pengukuran skala likert. Analisis data menggunakan uji T Independent Sample t-test . Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, ditunjukkan pada uji t dengan menggunakan uji independent samples t-test dilihat pada tabel levene's test for equality of variances dengan nilai signifikansi 0,281. Kesimpulan penelitian yaitu teknik rational emotive behaviour therapy( REBT) melalui bimbingan kelompok memberikan efek yang signifikan mengatasi perilaku bullying pada siswa SMP.
Kata kunci: bimbingan kelompok, REBT, bullying
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jumli Sabrial Harahap, Irma Suryani Nasution, Rahmat Almasri, Masril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.